Perdana : Diskusi Lingkar FISIP UNSERA

Para dosen FISIP UNSERA menggelar forum diskusi ilmiah yang bertajuk “Forum Diskusi Lingkar FISIP UNSERA” di lingkungan gedung kampus Universitas Serang Raya pada hari sabtu (8/1) dengan pemakalah pertama Drs. Media Sucahya M.Si yang mengangkat materi tentang “Pencitraan Pemerintahan Daerah Banten Melalui Advertorial Media Lokal”. Forum diskusi dihadiri sejumlah dosen struktural dan dosen tetap serta beberapa mahasiswa FISIP UNSERA.

img25

Advertorial merupakan artikel yang dimuat di media massa dengan cara membayar dan bertujuan untuk promosi atau berkampanye yang digunakan untuk mempromosikan pandangan tertentu, demikian Media Sucahya mengawali paparan materinya. Advertorial juga merupakan Iklan yang disampaikan dalam bentuk penulisan berita dan dilengkapi dengan foto-foto seremonial, data-data, bagan, angka statistik dan ilustrasi lainnya. Sebuah promosi produk dan institusi yang dtuangkan dalam bentuk berita dengan menggunakan format 5W + 1 H (What, Who, When, Where dan How) dan dalam konteks yang berbeda, advertorial merupakan cerminan dari dominasi pemilik modal.

Pemateri juga menyimpulkan bahwa tujuan pemasangan advertorial di surat kabar lokal lebih pada strategi pencitraan untuk meningkatkan reputasi pejabat di mata publik dan idealnya anggaran belanja pemda tidak diperuntukkan untuk pencitraan pejabat yang berkuasa tapi untuk mempromosikan potensi daerah agar investor tertarik menanamkan modal

 img31

Materi diskusi tersebut cukup menarik suasana forum untuk memancing beberapa dosen menganalisis secara ilmiah kasus yang di bawakan oleh pemakalah. Seperti yang dikatakan Fikri Habibi M.Si bahwa Adevertorial di media lokal sejatinya dapat menyampaikan aspek etis dan edukasi kepada masyarakat, sementara  Usep Saeful M.Si berujar pencitraan di media dapat dikategorikan kamuflase dan tidak bersifat ideologis murni. Berbeda dengan anggota forum lainnya seperti Indrianti M.Ikom yang berpendapat bahwa pencitraan Pemda Banten melalui advertorial merupakan upaya mempertahankan kekuasaan kelompok tertentu di pemerintahan daerah Banten. Suasana diskusi yang cukup menarik sehingga diskusi yang dimulai pukul 09:00 wib sampai pukul 11.30 wib tersebut tak terasa berakhir.

Dalam pelaksanaannya materi yang dibawakan setiap dosen  disepakati sesuai dengan keahlian bidang masing-masing serta mengangkat isu lokal. Kegiatan berstandar ilmiah ini rencananya akan dijadikan agenda rutin setiap dua minggu sekali dengan jadwal yang sudah tersusun oleh para dosen FISIP UNSERA berikut ini:

NO

PENYAJI

WAKTU

MODERATOR
1 H. Abdul Malik.,M.SiDrs. Media Sucahya.,M.Si 09-Jan-16 Annisarizki
2 Marthalena.,MABudi Hasanah.,M.Si 23-Jan-16 Fikri Habibi
3 Sigit Surahman.,M.SiHudjolly.,M.Phill 06-Feb-16 Liza Diniarizky. P
4 Arif Nugroho.,M.APAhmad Sururi.,M.Si 20-Feb-16 Siska Mardiana
5 Liza Diniarizky P.,M.KesosRahmatullah.,M.Kesos 05-Mar-16 Hudjolly
6 Rahmi Mulyasih.,M.SiSiska Mardiana.,M.M 19-Mar-16 Ahmad Sururi
7 Fikri Habibi.,M.SiSukendar Alwi.,M.Si 02-Apr-16 Rachmi Yulianti
8 Annisarizki.,M.IkomIndirianti Azhar.,M.Ikom 16-Apr-16 Sigit Surahman
9 Rachmi Yulianti.,M.SiRethorika.,M.Si 30-Apr-16 Nur Sya’faat
10 Hj. Dewi Widowati.,M.SiVelda,.M.Si 14-Mei-16 Delly Maulana
11 Delly Maulana,.M.PANur sya’faat.,M.AP 28-Mei-16 Velda
12 Restu Wahyuni.,M.SiRino 11-Jun-16 Arif Nugroho
13 Usep Saeful Ahyar.,M.SiSadian Utomo.,M.Si 25-Jun-16

 

Dengan adanya jadwal tersebut, diharapkan audience dari pelbagai lapisan baik akademisi maupun mahasiswa civitas Unsera dapat berpartisipasi sekaligus menambah ilmu pengetahuan dengan menghadiri Diskusi Lingkar FISIP UNSERA.

Written by fisip unsera

Lorem ipsum dolor sit amet, et partem officiis qui. Vix eripuit fabellas ut, cum no alii agam soluta. Id esse admodum usu, eligendi efficiendi ullamcorper at sit, at per oratio diceret. Vide scripta blandit vix te, vel in regione volutpat gubergren. Pri an putent veritus accumsan, cu qui animal denique epicuri.